Tips Membeli Smartphone Baru Agar Tidak Menyesal

Halo sob, pada kesempatan kali ini agansufyan.com akan mengulas mengenai tips membeli smartphone baru yang tentunya baik serta mempunyai kualitas untuk digunakan sehingga sobat tidak menyesal nantinya.

Di era perkembangan teknologi saat ini, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya smartphone atau ponsel pintar. Hampir semua orang sudah memiliki smartphone mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa pun sudah menggunakan smartphone baik yang android maupun yang iOS.

Jadi apakah sobat sudah mempunyai smartphone ?

Jangan mau ketinggalan sob, sekarang udah zaman now dimana gadget sudah menjadi hal yang populer digunakan baik untuk sekedar hiburan maupun untuk membantu melakukan berbagai aktivitas.

Baru-baru ini banyak sekali vendor smartphone yang telah mengeluarkan berbagai jenis smartphone terbaru yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Nah, untuk itulah saya membuat tips membeli smartphone baru supaya sobat dalam membeli smartphone tidak kebingungan karena biasanya kita bingung mau pilih smartphone yang mana.

Oke, bagi sobat yang ingin membeli smartphone baru perhatikan dulu tips sebelum membeli smartphone supaya sobat tidak menyesal nantinya, oke langsung saja cekidot.

Tips membeli smartphone baru yang baik dan berkualitas

 

tips membeli smartphone


1. Memilih sistem operasi (OS)


Sebelum membeli sebuah smartphone sebaiknya sobat pikirkan dulu secara matang mengenai sistem operasi atau OS yang akan sobat gunakan nantinya.

Beberapa type smartphone mempunyai sistem operasi yang berbeda-beda, diantaranya adalah Android, iOS, dan windows phone.

Dari ketiga sistem operasi diatas yang paling populer dan banyak digunakan orang-orang adalah sistem operasi android karena memang android sudah populer sejak dulu. Namun kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda jadi sobat tinggal sesuaikan saja sistem operasi dengan kebutuhan sobat.

2. Memilih brand atau merk


Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone adalah merk. Jadi pilihlah smartphone dengan merk yang sobat sukai dan yakin bahwa merk smartphone tersebut sangat bagus untuk sobat gunakan. Beberapa merk smartphone yang terkenal antara lain seperti Samsung, Asus, Oppo, dan Xiaomi. Pilihlah merk yang kira-kira banyak digunakan orang-orang sehingga sobat bisa sharing mengenai fitur-fitur yang ada serta jika suatu saat terjadi kerusakan maka bisa dengan mudah untuk menemukan solusinya.

3. Perhatikan prosesor atau CPU


Kemudian hal yang penting yang harus sobat perhatikan adalah prosesor yang digunakan karena ini menentukan performa smartphone yang sobat beli. Jika sobat memilih smartphone dengan prosesor rendah maka sobat jangan heran bila smartphone sobat suatu saat lemot atau hang jika digunakan untuk membuka aplikasi yang berat.

Pilihlah smartphone dengan prosesor ternama yang sudah diuji kualitasnya seperti qualcom snapdragon, Nvidia tegra, serta Mediatek atau intel.

Baca juga: #10 Tips merawat baterai smartphone android agar tetap awet

4. Perhatikan kapasitas baterai


Kapasitas baterai sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli smartphone. Karena baterai merupakan komponen yang sangat penting pada smartphone.

Untuk itu admin sarankan untuk memilih smartphone dengan kapasitas baterai yang mumpuni minimal sobat memilih yang kapasitas 2100 mAh dan diatas itu semakin baik. Kapasitas baterai akan menentukan seberapa tahan smartphone untuk digunakan, jika kapasitas tinggi tentu sobat akan merasa nyaman menggunakan smartphone karena baterainya tidak akan cepat habis.

5. Perhatikan ukuran layar


Saat ini rata-rata smartphone keluaran terbaru memiliki ukuran layar 4.5 sampai 5 inci. Jadi admin rekomendasikan untuk memilih salah satu ukuran layar tersebut karena ukuran tersebut saya rasa sudah pas untuk digunakan baik melakukan aktivitas maupun hiburan seperti bermain game.

6. Perhatikan RAM (Random acces memory)


RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara. Kegunaan RAM dapat kita liat saat kita menjalankan suatu aplikasi secara bersama-sama, misalnya pada smartphone android sobat berjalan 5 aplikasi secara bersamaan, nah disinilah RAM sangat berperan penting untuk menjaga kondisi android tetap stabil dan tidak lemot.

Untuk itu sobat perlu sekali untuk memperhatikan dan memilih RAM yang sesuai supaya tidak lemot. Saya rekomendasikan sobat memilih smartphone dengan RAM 2 GB karena saat ini banyak sekali smartphone yang menawarkan RAM 2 GB dengan harga terjangkau.

7. Perhatikan kapasitas memori internal


Setiap smartphone tentunya memiliki memori internal yang digunakan untuk menympan berbagai dokumen, file, program, termasuk juga sistem operasi bawaan.

Kapasitas memori internal yang ideal yang bisa sobat pilih adalah minimal 16 GB karena dengan kapasitas sebesar itu maka sobat akan lebih leluasa untuk menyimpan data-data yang sobat miliki. Saat ini sudah banyak sekali vendor smartphone yang sudah menyediakan ROM 16 GB dengan harga smartphone yang terjangkau. Dan alangkah lebih baik lagi jika sobat memilih memori internal diatas 32 supaya tampungannya lebih besar.

8. Perhatikan jaringan, pastikan sudah 4G


Selanjutnya yang perlu sobat perhatikan adalah jaringan pada smartphone yang akan sobat beli. Saat ini zamannya internet ngebut, jadi pastikan sobat memilih smartphone yang sudang mendukung jaringan internet tercepat yakni jaringan 4G LTE sehingga sobat bisa merasa nyaman saat menggunakan internet karena tidak akan lemot serta kecepatan download pun akan semakin cepat.

9. Perhatikan resolusi kamera


Jika sobat adalah penggemar fotografer hal yang satu ini tidak boleh sobat lewatkan, ya resolusi kamera sangat penting untuk sebuah smartphone. Sobat bisa memilih smartphone dengan rosolusi yang tinggi seperti 8 MP, 13, MP 20 MP dan seterusnya, jadi usahakan minimal 8 MP lah biar terlihat keren sob. Untuk kamera depan bagi sobat yang suka selfi bisa memilih minimal resolusi 5 MP.

10. Perhatikan desain smartphone


Saat memilih sebuah smartphone tentu yang pertama kali terlihat adalah desain. Smartphone dengan desain yang bagus, elegan, serta mumpuni tentu akan menarik minat seseorang. Selain itu desain yang bagus dan keren dari smartphone juga dapat meningkatkan kepercayaan serta style dari penggunanya. Jadi usahakan ya sob untuk memperhatikan desain juga supaya berkualitas.

11. Beli di toko terpercaya


Nah yang terakhir yang perlu sobat perhatikan adalah membeli smartphone di toko terpercaya supaya mendapatkan kualitas yang baik dan aman saat membeli. Untuk mencari toko terpercaya sobat bisa tanya-tanya kepada teman atau orang yang sudah membeli smartphone di toko tersebut baik itu toko online maupun di toko offline.

Akhir kata

Demikianlah Tips Membeli Smartphone Baru, dengan memperhatikan semua tips di atas kini sobat bisa mempertimbangkan mau membeli smartphone yang mana sehingga smartphone yang sobat dapatkan benar benar baik dan cocok untuk sobat. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Smartphone Baru Agar Tidak Menyesal"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel