Cara Ampuh Menghafalkan Pelajaran di Sekolah

Hampir semua pelajaran di sekolah mengharuskan kemampuan menghafal. Sedangkan menghafal seringkali dianggap sebagai kegiatan yang membosankan. Namun, tahukah Anda ada cara mudah menghafal pelajaran ? Pada dasarnya, dalam diri setiap manusia memiliki otak kiri dan otak kanan. Otak kiri cenderung bersifat analisis, logis, matematis, sistematis, objektif, dan rasional.Sedangkan otak kanan memiliki sifat intuitif, kreatif, inovatif, imajinatif, subjektif, dan holistik. Untuk menghafal, akan lebih mudah menggunakan otak kanan karena bersifat imajinatif dan holistik yang akan membangunkan alam bawah sadar. 

Cara Ampuh Menghafalkan Pelajaran di Sekolah

Cara Mudah Menghafal Pelajaran di Sekolah

Nah, di bawah ini adalah rahasia menghafal cepat dengan otak kanan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Fokus dan berkonsentrasi


Tenangkan pikiran Anda supaya dapat menghafal pelajaran dengan mudah. Jauhkan pikiran dari hal-hal yang mengganggu dan mulailah berkonsentrasi. Anda bisa menghafal di pagi hari atau di tempat yang tenang supaya pikiran Anda tidak terganggu oleh suara bising atau hal-hal lain di luar pelajaran.

2. Gunakan media menulis, gambar, dan musik


Ada 3 media yang bisa Anda gunakan sebagai cara melatih otak agar mudah menghafal. Caranya yaitu menulis, menggunakan gambar, ataupun musik.Bacalah terlebih dahulu materi pelajaran yang akan Anda hafal, lalu cobalah untuk menuliskan poin penting atau ringkasannya. Dengan menulis, berarti Anda sudah memahami bacaan. Dan jika Anda paham dengan yang tadi dituliskan, berarti Anda sudah paham seluruh materi dan akan hafal dengan sendirinya. 

Cara menghafal dengan cepat dan masuk ke otak adalah dengan menggunakan media gambar. Dengan gambar, sensor motorik pada otak kanan akan aktif dan memudahkan Anda dalam menghafal. Secara visual, materi pelajaran dengan gambar juga pasti akan membuat Anda lebih tertarik untuk membacanya. 

Musik bisa sebagai media aktivasi otak kanan dan menghafal cepat. Cobalah menghafal materi pelajaran dengan menjadikannya sebuah lagu supaya mudah diingat.

3. Mind Mapping 


Mind Map adalah menuliskan poin-poin penting suatu materi menjadi lebih sederhana dan menarik. Contohnya, Anda membuat gambar pohon dengan banyak dahan. Kemudian, batang pohon diisi inti materi, dan dahan diisi poin-poin penting yang berkaitan dengan inti materi. Dengan begitu, materi pelajaran akan lebih mudah dan menarik untuk dihafal.

Menghafal pelajaran dengan otak kanan akan terasa lebih mudah. Silahkan berkreasi dengan daya kreativitas dalam  menghafal pelajaran. Mempelajari buku tebal tentu membuat Anda merasa pusing lebih dulu. Jadi, silahkan terapkan cara mudah menghafal pelajaran dengan otak kanan di atas, dan materi pelajaran pun akan dapat dengan cepat diingat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Menghafalkan Pelajaran di Sekolah"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel