Era Digital Merupakan Eranya Dunia Internet Marketing

Era Digital Merupakan Eranya Dunia Internet Marketing - Pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin banyak di iringi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi khusunya di indonesia. Salah satu bukti kuat yang mendukung maraknya pengguna internet di Indonesia adalah semakin banyaknya pengguna smarpthone yang kita jumpai baik dari kalangan muda sampai kalangan tua, bahkan kids zaman now pun mainannya smartphone. Momen seperti ini tak di sia-siakan oleh para pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha dan bisnis yang sedang meraka jalani. Berikut ini statistik pengguna internet 2016 berdasarkan survey APJII.

statistik pengguna internet indonesia
Sumber: APJII

Berbeda dengan zaman sebelum maraknya penggunaan internet, para pelaku bisnis menjalankan usahanya dengan cara yang sederhana, strateginya pun bisa dibilang jauh dari yang sekarang. Seperti contoh para pebisnis zaman dulu melakukan promosi usahanya melalui perorangan, bicara dari mulut ke mulut, memasang iklan di spanduk, pamplet, majalah, koran, dan radio.

Namun sejak internet masuk dan berkembang di indonesia, para pelaku bisnis merubah arah dan strategi mereka untuk mengembangkan usahanya mengikuti perkembangan zaman sehingga muncullah suatu istilah yang biasa kita kenal dengan internet marketing (IM).

Apa itu internet marketing ? Istilah ini mungkin sedikit asing bagi anda yang baru mengenal dunia bisnis online dan sudah biasa bagi anda yang sudah cukup mengenal bisnis online.

Internet marketing merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh para pebisnis atau pelaku usaha untuk memasarkan produk dan jasa mereka melalui media internet. Istilah internet marketing inilah yang sering digunakan pebisnis zaman sekarang untuk memasarkan usaha mereka karena lebih efisien dan mudah dalam melakukan pemasaran.

Munculnya Fenomena TOKO ONLINE


fenomena toko online
Illustrasi: Toko Online

Dari perkembangan internet marketing ini muncullah suatu fenomena baru yang kita kenal dengan fenomena toko online. Toko online saat ini sedang marak-maraknya digunakan para pengusaha untuk mendukung usahanya guna meraih pelanggan. Karena kita tau bahwa dengan menggunakan toko online kita bisa menjangkau pelanggan / pembeli di seluruh penjuru nusantara bahkan dunia sekalipun. Berbeda sebelum adanya toko online di indonesia, pemasaran produk, barang, dan jasa hanya berkisar pada tempat pelaku usaha saja, namun kini seluruh indonesia bisa dijangkau. Toko online kini merajai dunia internet marketing di indonesia.

Fenomena SOSIAL MEDIA


fenomena sosmed ads
Illustrasi: Sosmed Advertising

Namun dibalik toko online yang sedang fenomenal dan marak saat ini, kita tidak bisa hanya menyebut toko online sebagai satu kesatuan dari bisnis online/internet marketing. Internet marketing itu jangkauannya sangat luas seperti yang sedang marak dan tak kalah dari toko online adalah pemasaran produk melalui sosial media seperti  jaringan periklanan facebook ads, dan instagram ads.

Pemasaran bisnis melalui facebook ads sangat efisien bagi pelaku bisnis sekarang ini karena bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dengan target pelanggan yang sudah ditentukan.

Begitu pula dengan pemasaran melalui instagram, karena pengguna sosial media instagram tak kalah dengan facebook, banyak upaya yang dilakukan pebisnis, pedagang, dan para pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka supaya laku lewat instagram. Untuk bisa memasarkan produk melalui sosial media seperti instgaram ads, perlu adanya follower yang banyak, namun para pebisnis yang ingin memasarkan produk mereka salah satunya bisa dengan menggunakan jasa, seperti halnya raditya dika yang banyak follower instagramnya di berikan asus ROG secara gratis untuk memasarkan laptop gaming tersebut di akun instagramnya sehingga laptop yang di promosikan tersebut banyak peminatnya, dan berbagai promosi lain banyak sekali kita liat di instgaram maupun melalui facebook ads.

Fenomena Blogger


blogger
Illustrasi: Seorang Bloggger

Selain pemasaran produk barang dan jasa melalui toko online dan sosial media, kita juga dapat liat sekarang ini dalam dunia internet marketing adalah munculnya para pelaku usaha sampingan yang kita kenal dengan blogger. Karena dunia internet marketing itu tidak hanya berkisar menjual barang dan jasa saja, tipe lain dari internet marketing adalah sebagai sumber penghasilan (passive income) disamping melakukan branding/promosi.

Darimana para blogger mendapatkan keuntungan dengan menulis ? yakni bekerjasama dengan jaringan periklanan atau biasa kita sebut memonetize blog/website mereka sehingga menampilkan iklan di website para blogger. Dengan tampilnya iklan ini tentu memberikan keuntungan bagi para blogger dan para pengiklan. Untuk para blogger biasanya dibayar setiap klik iklan (ppc), tayangan (CPM) dan berbagai jenis iklan lainnya. Namun yang sedang marak saat ini adalah iklan google adsense (PPC). Para pelaku usaha lewat media website ini biasanya di dominasi oleh kalangan anak muda baik yang masih sekolah, kuliah, sudah bekerja, maupun pengangguran, jadi  membangun sebuah blog/website merupakan bagian dari perkembangan internet marketing karena bisa memanfaatkan hobi menulis untuk mengdapatkan penghasilan. Jadi nampak jelas perbedaan blogger zaman dulu yang hanya menulis saja tanpa melakukan monetisasi dengan blogger zaman sekarang ini karena akibat dari perkembangan internet marketing terutama di indonesia.

Jadi kalau kita simpulkan dari awal sebelum marak dan berkembanganya internet marketing di indonesia sangat jauh perbedaan cara dan strategi pebisnis zaman dulu dengan zaman sekarang yang lebih praktis, mudah, dan efisien serta mudah dijangkau oleh pelanggan. Karena kalau kita kombinasikan internet marketing yang sudah berkembang saat ini sangat komplit manfaatnya mulai dari toko online yang mana kita bisa pasarkan pula lewat jaringan iklan di media sosial, barang atau jasa yang kita pasarkan tersebut juga bisa muncul pada iklan sebuah website sehingga seorang pebisnis baik pengiklan maupun penayang (blogger) mempunyai hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Bagaimana cara menghadapi perkembangan internet marketing ?


Hal yang sangat penting yang perlu diketahui dan kita kuasai dalam menghadapi perkembangan dunia internet marketing di indonesia saat ini adalah startegi dalam menjalankannya supaya usaha yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik. Karena tanpa belajar dan memahami konsep internet marketing ibarat kita melakukan usaha di tengah hutan yang mana kita hanya sendiri tanpa menjalankan strategi mendatangkan pelanggan dan mendapat penghasilan.  Untuk itu anda perlu belajar strategi internet marketing saat ini, salah satunya adalah dengan kusrus. Sebagai rekomendasi, lembaga kursus tempat belajar internet marketing adalah dumet school yang memberikan anda kemudahan dalam memahami dunia internet marketing.

Demikianlah pembahasan mengenai dunia internet marketing, semoga apa yang anda baca dapat memberikan manfaat buat anda dan kita semua, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

2 Komentar untuk "Era Digital Merupakan Eranya Dunia Internet Marketing"

  1. Gak nyangka yaaa penghasilan blogger sekarang bisa via iklan yg aneka macam jenisnya. Cpm, ppc...dikit2 lamaw membukit

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, kini cari penghasilan sampingan lebih mudah lewat IM

      Hapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel