Kode Program Menentukan Bilangan Genap dan Ganjil Pada Bahasa C

Kode Program Menentukan Bilangan Genap dan Ganjil Bahasa C - Kembali lagi pada pembahasan bahasa C. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat kode program untuk menentukan apakah nilai suatu bilangan genap atau ganjil.

Untuk membuat program tersebut dengan bahasa C, maka kita akan menggunakan logika If else yang memuat kebenaran suatu nilai, jika nilai tersebut salah maka akan dibaca else.

Oke tanpa berlama-lama lagi mari langsung kita praktikkan untuk membuat kode program bilangan genap dan ganjil dalam bahasa C, silahkan buka codeblocks sobat dan tulis kodenya seperti dibawah ini.


#include "stdio.h"
int main()
{
    int a;
    char ket,genap,ganjil;
    printf("masukkan nilai a:");
    scanf("%d", & a);

    if(a%2==0){
    printf("genap");}
    else{
    printf("ganjil");}
    return 0;
}


Penjelasan: Kode diatas menggunakan fungsi logika If else, karena output yang akan keluar adalah berupa huruf maka di dalam pendeklerasian variabel genap dan ganjil kita menggunakan tipe char. Di dalam fungsi If kita menggunakan modulo (hasil bagi) sehingga setiap nilai a yang di inputkan akan dibagi 2 dan sisanya harus sama dengan nol sehingga itu adalah bilangan genap, jika sisanya bukan nol maka else itu adalah selain genap alias ganjil.

Baca juga: Kode Program Menghitung Luas Segitiga Bahasa C

Berikut adalah program hasil kode menentukan bilangan genap ganjil diatas.

program bilangan genap dan ganjil bahasa c

Oke cukup sekian pembahasan bahasa C pada kesempatan kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan sobat. Nantikan juga artkel lainnya seputar pemrograman bahasa C. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kode Program Menentukan Bilangan Genap dan Ganjil Pada Bahasa C"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel