Panduan Cerdas Menggunakan Video Camera Secara Profesional

Video camera bukanlah perangkat teknologi yang asing bagi kita. Kini penggunaan video camera untuk merekam berbagai aktivitas memang familiar. Bahkan tak sedikit pekerjaan yang membutuhkan video camera sebagai perangkat pendukung utama. Salah satunya adalah profesi sebagai vlogger.


video camera
video camera

Kalau mau merekam sesuatu dengan video camera, tentu kita harus melakukannya dengan benar. Ikuti panduan ini agar kita bisa menggunakan video camera secara profesional. Hasil rekaman pun akan tampak memuaskan sesuai ekspektasi:

Memilih Video Camera Berkualitas

Kualitas video camera merupakan salah satu hal penting untuk aktivitas merekam video. Usahakan untuk memilih video camera dengan resolusi tinggi. Karena semakin tinggi resolusinya, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan video berkualitas. Berbagai momen penting bisa diabadikan dengan mudah menggunakan video camera unggulan.

Fitur Image Stabilization pada Video Camera

Sebuah video camera juga harus memiliki fitur image stabilization. Agar sedikit gerakan tangan saat merekam video tidak membuat hasil rekaman jadi blur. Tak perlu khawatir lagi dengan hasil video yang akan kita dapatkan. Tak hanya pada video camera, fitur image stabilization kini juga disematkan pada smartphone kelas premium.

Usahakan untuk Tidak Menggunakan Zoom

Fitur zoom pada video camera memang berfungsi untuk mendekatkan jarak objek yang akan direkam. Sayangnya, fitur ini kerap menghasilkan kualitas video yang lebih rendah. Sebaiknya kita mendekatkan diri secara manual ke arah objek yang akan direkam. Sehingga risiko hasil video yang blur bisa diminimalkan.

Menentukan Angle Kamera yang Tepat

Angle kamera yang tepat tak bisa diperoleh dengan satu kali proses rekam saja. Jadi, alangkah lebih baik bila kita menyiapkan waktu untuk melakukan tes rekaman video. Proses ini bisa kita manfaatkan untuk menentukan angle kamera yang tepat. Beda angle, beda pula hasil yang akan diperoleh. Pastikan bahwa kita akan mendapatkan hasil rekam terbaik karena memilih angle yang tepat.

Memanfaatkan Sumber Cahaya Alami

Sumber cahaya buatan memang bisa menjadi alternatif ketika merekam video. Namun tetap saja sumber cahaya tersebut tidak sebaik sumber cahaya alami dari sinar matahari. Manfaatkan cahaya matahari untuk merekam video di pagi atau sore hari. Perpaduan cahaya alami dan angle yang tepat akan membuat hasil rekaman semakin menakjubkan.

Jangan Ragu Menggunakan Tripod

Tripod merupakan salah satu aksesoris yang wajib dimiliki untuk melengkapi video camera. Penggunaan tripod sangat cocok untuk adegan video yang tidak banyak bergerak secara dinamis. Hasil rekaman pasti jauh lebih stabil daripada memegangi video camera dengan tangan. Aturlah letak tripod dengan benar supaya bisa merekam video secara maksimal.

Memasang Mic pada Video Camera

Kualitas suara pada rekaman video sering kali tak memadai bahkan tidak bisa didengar dengan jelas. Kita tak hanya bisa memanfaatkan sistem dubbing untuk mengatasi kendala ini. Pemasangan mic pada video kamera juga bisa menjadi solusi yang tepat. Saat ini banyak produk video camera yang memiliki fitur khusus untuk menempatkan mic. Masalah suara video yang tak jelas pun tak akan mengurangi kualitas rekaman video kita.

Baca juga: Cara Memasukkan Biss Key Matrix Burger S2 HD PVR

Soal pilihan video camera berkualitas, percayakan saja pada MatahariMall. Karena kini MatahariMall.com memiliki varian video camera canggih dengan ragam fitur menarik. Pilih sendiri video camera yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Bahkan kita juga bisa membeli aneka aksesoris video camera di toko online Lippo Group yang satu ini. Memproduksi rekaman video tak sulit lagi bila kita sudah memiliki perangkat video camera yang istimewa.

2 Komentar untuk "Panduan Cerdas Menggunakan Video Camera Secara Profesional"

  1. Iya nih, kadang suka goyang goyang kalo lagi merekam, apalagi sambil ketawa

    BalasHapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel