Mengitung Luas Permukaan dan Volume Bola dalam C++

Hallo sob, Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Menghitung Luas Permukaan dan Volume pada bola. Bagaimana sih cara buat programnya? Gampang jika Anda membaca dan mempelajari artikel ini. Maka dari itu cintailah membaca. hehehe..

Sebelum kita membuat programnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui rumus di setiap bagian bolanya. Mulai dari rumus Luas Permukaan(lp) [4 x phi x r x r] dan Volume(V) [4/3 x phi x r x r x r]. Baiklah  Tanpa  Panjang lebar Saya akan Membagikan contoh kodingnnya.

Berikut adalah cont kodingannya.


#include<iostream>
using namespace std;
main(){
 int r;
 float phi=22/7,lp,v;

 cout<<"\tPROGRAM MENGHITUNG VOLUME BOLA"<<endl;
 cout<<"\t==============================\n";

 cout<<" > Masukkan Jari-jari  : ";cin>>r;
 cout<<"------------------------\n";

 lp=4*phi*r*r;
 v=4/3*phi*r*r*r;

 cout<<"Luas Permukaan Bola : "<<lp<<endl;
 cout<<"Volume Bola         : "<<v;

 return 0;
}

Pada contoh kodingan di atas terlebih dahulu kita harus memperkenalkan setiap variablenya dimana di dalam kodingan tersebut saya menggunakan variable r sebagai jari-jari dengan type data integer dan variable phi, lp, v dengan type data float.

Setelah itu, saya tampilkan menggunakan printah cout<< dan saya panggil dengan perintah cin>>r. setelah itu baru kita masukkan rumus luas permukaan dan volumenya.

Baca juga: Kode Program Menentukan Bilangan Genap Dan Ganjil Bahasa C

Selanjutnya, kita akan tampilkan hasil dari lp dan volumenya yaitu dengan perintah cout<<lp dan cout<<v. Setelah semuanya selesai barulah kita compile dan run programnya.

Hasilnya akan seperti ini.

menghitung luas permukaan dan volume bola c++

Nah, itulah sekilah pembahasan kita mengenai program mengitung luas permukaan dan volume bola pada c++. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Saya Yosyadi, undur diri. Sekian dan terima kasih. Salam bergadang.

Belum ada Komentar untuk "Mengitung Luas Permukaan dan Volume Bola dalam C++"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel