Pentingnya Pendidikan Di Luar Sekolah

“Nilai akhir dari proses pendidikan, sejatinya terrekapitulasi dari keberhasilannya menciptakan perubahan pada dirinya dan lingkungan. Itulah fungsi daripada pendidikan yang sesungguhnya.” – Lenang Manggela.

Pendidikan tidak terbatas oleh ruang dan waktu, dimanapun kita berada pendidikan dapat kita tempuh. Pendidikan itu tidak hanya di dalam lingkungan sekolah, namun sejatinya pendidikan juga bisa kita peroleh diluar sekolah.

Apakah makna dari pendidkan ?


Makna dari pendidikan yang sesungguhnya adalah kemampuan melakukan perubahan pada diri sendiri, baik dari segi keterampilan, skill, serta sikap menuju arah yang lebih baik.

Tanpa kita sadari sejak kecil kita sudah menempuh pendidikan. Dimana pendidikan tersebut mulai kita peroleh di lingkungan keluarga, hingga berlanjut ke pendidikan sekolah. Jadi pendidikan pertamakali yang kita dapat di lingkungan keluarga juga sangat menentukan sikap dan karakter kita kedepannya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa pendidikan hanya ada di bangku sekolah, namun itu salah besar. Itu hanyalah pemikiran orang-orang yang memandang remeh seseorang yang kiranya orang lain tidak sekolah, maka dipandang tidak dapat pendidikan.

Terkadang pendidikan diluar itu lebih berpengaruh terhadap karir seseorang daripada pendidikan disekolah. Namun kita juga tidak bisa mengesampingkan pendidikan di dalam sekolah.

Coba kita liat orang-orang sukses dan terkaya di dunia seperti bill gates dan mark Zuckerberg. Meraka itu menempuh pendidikan di bangku kuliah Cuma sebentar saja. Namun karena dorongan minat dan bakat serta keinginan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih, mereka rela keluar dari pendidkan kuliah (Drop Out) menuju pendidikan diluar yang sejatinya tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Pendidikan diluar sekolah sangat identik dengan minat dan bakat seseorang. Jika di dalam sekolah kita hanya mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kurikulum yang sudah ditentukan dan menurut pandangan seseorang itu hal biasa karena kita menempuh pendidikan yang sama dengan kawan yang banyak.

Namun diluar sekolah kita bisa menempuh pendidikan secara tidak terbatas sesuai dengan kepribadian dan minat kita. Pendidikan diluar sekolah sangat identik dengan interaksi dengan masyarakat, jadi pendidikan diluar sekolah sejatinya merupakan pendidikan yang sesungguhnya dimana kita dihadapkan pada lingkungan yang luas, tak terbatas, dan dengan masyarakat luas.

Segala yang tidak kita dapatkan di bangku sekolah bisa dengan mudah kita dapatkan di luar sekolah, terlebih pada zaman milenial sekarang ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, semua pelajaran dan pendidikan sudah bisa kita akses lewat internet.

Misalnya saja anda ingin menempuh pendidikan organisasi, maka anda bisa masuk di dalam organisasi pemuda di desa tempat tinggal anda, berbaur dengan masyarakat dan bersama masyarakat untuk membangun desa. Misalnya lagi anda ingin menempuh pendidikan tentang akhlak dan sikap, anda bisa mengikuti berbagai acara dan kegiatan seperti pengajian dan kerja bakti/gotong royong. Ini adalah salah satu contoh pendidikan dari sekian banyaknya pendidikan yang bisa anda tempuh diluar sekolah.

Di zaman milenial ini, orang-orang sudah beralih ke internet. Sekarang pendidikan dan pengajaran yang bahkan diterapkan oleh sekolah maupun kampus bisa diakses lewat internet, bisa belajar secara online melaui berbagai macam platform. Seperti Edmodo, e-learning, dan forum web sekolah.

Banyak sekali orang-orang yang sudah menumbuhkan minat untuk belajar mengenai internet seperti membuat website, design grafis, belajar kewirausahaan, dan lain sebagainya. Hal tersebut tercermin dari banyaknya pengguna internet di Indonesia saat ini, bisa dilihat pada data dibawah.

statistik pengguna internet

Namun sangat disayangkan pembelajaran seperti itu sangat jarang kita temukan di bangku sekolah. Entah mengapa pemerintah tidak mau menambahkan pembelajaran mengenai edukasi internet secara mendalam bagi para peminatnya. 

Kembali lagi bahwa itu semua hanya bisa kita dapatkan melalui pendidikan diluar sekolah. Misalnya saja mengikuti kursus mengenai edukasi internet. 

Untuk itulah pendidikan diluar sekolah itu tidak terbatas dan tidak mengenal usia. Siapa pun anda, bagaimanapun status anda, dan apapun pekerjaan anda, apakah anda pintar atau tidak, anda masih bisa menempuh pendidikan yang sesungguhnya diluar lingkungan sekolah.

Semoga dapat menginspirasi kita semua untuk terus belajar dan menempuh pendidikan, jangan pernah ada rasa bosan dalam diri kita karena sesuatu yang dijalankan dengan ikhlas dan sabar maka anda akan menemukan dan menikmati hasilnya kelak.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Di Luar Sekolah"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel