Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Yang Tepat

Tips memilih laptop untuk mahasiswa - Pada zaman modern seperti sekarang ini, laptop sudah menjadi kebutuhan semua orang untuk memudahkan melakukan berbagai aktivitas, termasuk mahasiswa.

Dalam menunjang aktivitas serta mempercepat dan mempermudah melakukan berbagai aktivitas kampus seperti mengerjakan tugas, praktik, dan lain sebagainya maka mahasiswa sangat membutuhkan laptop.

Untuk itu baik agan yang sudah menjadi mahasiswa ataupun calon mahasiswa seperti saya ini, perlu untuk punya sebuah laptop dan agan harus pandai memilih laptop yang cocok untuk digunakan mahasiswa dalam menunjang kuliahnya.


Nah, berikut ini Agansufyan.com akan membagikan tips memilih laptop yang tepat bagi mahasiswa guna menunjang berbagai aktivitas di dunia perkuliahan.

8 Tips memilih laptop untuk mahasiswa yang berkualitas


tips memilih laptop mahasiswa

1. Perhatikan harga dan budget


Dalam memilih sebuah laptop, sebaiknya agan perlu untuk memperhatikan harga dan menyesuaikannya dengan budget yang agan miliki.

Tentunya budget yang dimiliki setiap orang berbeda ya, namun dalam hal memilih laptop yang cocok saya rasa arahnya akan sama. Untuk memilih laptop yang baik bagi mahasiswa harga 3 sampai 4 jutaan saya rasa sudah cukup untuk membantu agan saat kuliah karena dengan harga segitu agan sudah bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang mencukupi.

2. Pilih spesifikasi laptop sesuai kebutuhan


Dalam memilih laptop, spesifikasi sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memilih spesifikasi yang pas dan cocok tentunya akan mempermudah agan dalam melakukan berbagai aktivitas perkuliahan.

Tentunya spesifikasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa berbeda-beda ya karena beda jurusan beda juga keperluan. Misalnya saja mahasiswa dengan jurusan teknik informatika dan multimedia tentunya akan membutuhkan spesifikasi yang sedikit lebih besar seperti RAM 4GB hdd 500 GB karena aktivitas dan tugas yang dilakukan membutuhkan spesifikasi yang lumayan lah seperti menginstall aplikasi editing dan lain-lain.

Berbeda dengan mahasiswa jurusan Fisika dan Kimia misalnya, laptop dengan spesifikasi RAM 2 GB hdd 320 saya rasa sudah cukup untuk menunjang aktivitas karena memang biasanya paling banyak digunakan adalah aplikasi microsoft untuk membuat tugas dan laporan serta aplikasi ringan lainnya.

3. Pilih laptop yang bergaransi


Dalam memilih laptop, usahakan pilih yang mempunyai garansi. Namun rata-rata saat ini berbagai laptop yang dijual sudah memiliki garansi tersendiri. Garansi yang ditawarkan laptop tentu berbeda-beda, pastikan agan mengetahui betul garansi yang ditawarkan tersebut.

Dengan adanya garansi pada laptop agan sudah tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat terjadi masalah pada laptop tersebut, maka agan bisa langsung membawanya ke toko tempat agan membeli laptop tersebut.

4. Pilih laptop yang Pre-Installed


Selanjutnya adalah agan usahakan untuk memilih laptop yang pre-installed, artinya laptop yang sudah terinstall windows, jadi agan bisa langsung menggunakan laptop tersebut untuk kebutuhan kuliah dan agan tidak perlu lagi mencari jasa install windows dan menghemat pengeluaran.

Biasanya laptop yang pre-installed menggunakan windows yang original, tentu hal ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri mengingat harga windows original yang mahal bisa menembus jutaan. Dengan menggunakan windows original juga laptop agan sulit untuk terkena virus. Untuk itu memilih laptop yang sudah terinstall windows adalah pilihan yang wajib untuk agan lakukan.

5. Perhatikan desain laptop


Dalam memilih laptop jangan lupa untuk memperhatikan desain laptop, karena desain laptop juga sangat menunjang dan memberikan semangat juga dalam mengerjakan tugas bila desain laptop agan terlihat menarik.

Untuk itu pilihlah laptop dengan desain yang elegan, simpel serta ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mena. Perlu agan ketahui juga bahwa desain laptop juga menentukan style agan juga supaya terlihat keren. Untuk masalah laptop dengan desain elegan banyak sekali vendor yang menyediakannya seperi asus, acer, toshiba, dll.

6. Perhatikan ukuran layar


Berapa ukuran layar laptop yang cocok untuk mahasiswa ? yup, menurut saya ukuran yang pas itu adalah ukuran layar 10 in sampai 14 in. Karena dengan ukuran segitu sangat cocok dan simpel bagi mahasiswa, ukuran layarnya tidak terlalu besar dan tidak pula terlau kecil, jadi layar dengan ukuran sedang serta mudah dibawa kemana-mana karena cocok ditaruh di tas dan ringan.

7. Mendukung aplikasi


Dalam memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa, agan harus memperhatikan juga dukungan aplikasinya. Pastikan calon laptop baru agan mendukung aplikasi-aplikasi pokok yang dibutuhkan dan aplikasi populer seperti microsot Office 360, aplikasi editing dan lain sebagainya.

Dengan adanya dukungan dari aplikasi seperti office 360, maka akan mempermudah pekerjaan agan baik saat membuat makalah, laporan, pengolahan data, maupun slide presentasi dari masing-masing aplikasi.

8. Beli di toko terpercaya


Dalam memilih dan membeli laptop, langsung saja ke toko yang terpercaya dan direkomendasikan. Untuk mencari tau info-info mengenai toko mana saja yang menjual laptop terbaik dan terpercaya agan bisa langsung menanyakan hal tersebut ke teman-teman, keluarga, ataupun orang-orang yang sudah pengalaman dalam membeli laptop di toko baik di toko langsung maupun di toko online. Sehingga laptop yang agan beli benar-benar berkualitas dan sesuai dengan yang agan inginkan.

Akhir kata

Demikianlah Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Yang tepat, semoga tips ini dapat membantu agan untuk memilih laptop yang baik guna menunjang aktivitas perkuliahan agan. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa Yang Tepat"

  1. saya tidak sependapat dengan point nomor 6 mengenai ukuran layar. Ukuran 10 inci saya rasa sangat kecil untuk aktifitas perkuliahan, menurut pendapat saya ukuran layar ideal adalah 14 inci karena sudah lebih besar dan standart untuk zaman sekarang

    BalasHapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel