Fungsi Perintah pwd, ls, dan cd pada linux

Fungsi perintah pwd, ls, dan cd pada linux - Di dalam linux terdapat beberapa perintah untuk mengeksekusi direktori. Perlu di ingat juga bahwa terminal atau konsol linux bersifat case sensitive artinya huruf besar dan kecil dianggap berbeda, jadi perhatikan baik-baik perintah yang diketikkan. Perintah-perintah yang akan kita dibahas adalah:
  • pwd
  • ls
  • cd

Sebelum masuk perintah diatas, ada baiknya kita mengaktifkan mode root, dimana kita akan berpindah dari mode user biasa ke super user. agar kita bisa mendapatkan akses penuh ke system. Caranya adalah dengan megetikkan perintah sudo su pada terminal/konsol. User biasa dilambangkan dengan tanda $, sedangkan super user dilambangkan dengan tanda #.

sudo su

1. pwd (print working directory)

Perintah pwd digunakan untuk menampilkan direktori saat ini. Contoh seperti gambar dibawah ini.

pwd

Ada beberapa linux yang tidak menampilkan lokasi direktori pada terminal atau konsol sehingga diperlukan perintah pwd untuk menampilkan lokasi direktori saat ini. Seperti contoh diatas, ketika kita mengetik perintah pwd maka dibawahnya akan langsung muncul lokasi direktori kita saat ini yaitu /home/fyn.

2. ls (list)

Perintah ls digunakan untuk melihat atau menampilkan isi dari suatu direktori tempat anda berada saat ini.

Contoh kita akan menampilkan isi direktori fyn. Maka kita tinggal ketikkan perintah ls pada terminal.
 
ls

Seperti terlihat pada gambar diatas isi direktori fyn adalah Desktop, Downloads, Documents, dan lain-lain.

3. cd (changes directory)

Perintah cd digunakan untuk berpindah dari direktori saat ini ke direktori yang lainnya. Ada dua tipe dari perintah cd ini yaitu berpindah ke direktori selanjutnya dan berpindah ke direktori sebelumnya.

Contoh dari direktori /home/fyn# kita akan berpindah ke direktori selanjutnya yaitu /home/fyn/Pictures# maka tinggal kita ketikkan perintah cd Pictures
 
cd

Seperti terlihat pada gambar diatas, kita sudah berpindah ke folder Pictures, lalu dengan mengetik perintah ls  kita bisa melihat isi folder Pictures tersebut.

Untuk berpindah ke direktori sebelumnya yaitu /home/fyn#, kita tinggal ketikkan perintah cd ..
 
cd

Kita dapat berpindah sekaligus dari direktori tempat kita berada saat ini ke direktori yang ingin kita tuju tanpa harus melewati tiap-tiap direktori. Caranya adalah dengan langsung menulis urutan direktori yang ingin kita tuju diawali tanda /

Contohnya dari direktori /home/fyn# kita ingin menuju direktori mnt, maka kita ketikkan perintah cd /mnt
 
cd

Untuk kembali ke direktori sebelumnya yaitu /home/fyn# kita tidak perlu lagi dengan cara yang diatas, kita bisa secara cepat berpindah dari direktori /mnt# dengan satu perintah tanpa harus mengetik alur direktorinya, kita tinggal gunakan perindah dash dengan mengetikkan cd - (Perintah ini berlaku hanya sekali).
cd

Selanjutnya ada perintah cd ~ . Perintah ini berfungsi untuk menuju ke direktori home. Selain itu kita juga dapat menggunakan perintah cd tanpa menulis parameter direktori untuk menuju direktori home. Contohnya dengan mengetikkan perintah cd ~
 
cd

Sekian pembahasan kita pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Perintah pwd, ls, dan cd pada linux"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel