Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows

Linux adalah sistem operasi yang gratis dan open source alias bebas untuk dikembangkan. Maka tak jarang para pengguna sistem operasi windows beralih ke linux untuk mencoba sensasi dan pengalaman baru. Linux itu sangat simpel dan mudah digunakan, jadi jangan berpikir bahwa linux itu sulit. Namun disini kita tidak akan membahas cara menggunakan linux, tapi kita akan membahas mengenai cara install linux ubuntu.

Khusus pemula yang baru beralih dari windows ke linux ubuntu bisa mencoba opsi dual boot jika sewaktu-waktu ingin kembali menggunakan windows. Kamu juga bisa menggunakan satu OS saja yaitu linux jika ingin serius mempelajari sistem operasi linux.

Berikut cara install linux ubuntu dual boot dengan windows, silahkan simak langkah-langkah berikut dengan seksama.

1. Buat dulu bootable linux dengan flashdisk menggunakan Rufus atau Universal USB Installer.

2. Pecah partisi harddisk kamu menjadi minimal 20 GB (unllocated disk) melalui disk management pada windows. Caranya adalah buka disk management, pilih partisi yang ingin kamu pecah, klik kanan dan pilih shrink lalu isikan berapa partisi yang ingin kamu pecah misal 20GB isi dengan 20000 MB, lalu klik OK.

3. Matikan laptop dan tancapkan flashdisk yang sudah kamu buat bootable tadi ke laptop, kemudian nyalakan laptop dan masuk ke bios dengan menekan tombol F2 (tiap laptop beda-beda, tinggal sesuaikan saja dengan laptop kamu untuk masuk bios).

4. Pilih opsi boot pertama dengan USB flashdisk sehingga yang akan booting pertamakali adalah linux ubuntu.

5. Setelah booting, pilih Install Ubuntu dan akan muncul tampilan seperti dibawah. Pilih bahasa dan layout keyboard english dan klik Continue.

cara install linux ubuntu


cara install linux ubuntu

6. Kemudian pilih I don't want to conncet to a Wi-Fi, klik Contiue

cara install linux ubuntu

7. Pilih Normal Installation untuk menginstall software bawaan ubuntu seperti browser dan libre office. Lalu centang Intsall third-party software. Klik continue.

cara install linux ubuntu

8. Pilih Something Else untuk membuat instlasi di partisi yang telah kita buat tadi. klik Continue.

cara install linux ubuntu

9. Pada langkah ini, kita akan memecah partisi yang tadi telah kita buat menjadi 3 bagian dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Partisi pertama kita buat sebagai boot dengan ukuran 1 GB (1024 MB)
  • Partisi kedua akan kita buat sebagai swap-area dengan ukuran 2x dari RAM.
  • Partisi ketiga akan kita buat sebagai partisi root dengan sisa ukuran yang telah kita gunakan sebelumnya.
Klik partisi Free Space, lalu klik tanda tambah di bagian pojok kiri bawah. Size isi dengan 1024, bagian Use as pilih format Ext4, bagian Mount point pilih /boot, lalu OK.

cara install linux ubuntu

Klik lagi partisi Free Space dan klik tanda tambah. Pada bagian size isi 2x RAM kamu, misal RAM laptop kamu 2GB isi dengan 4096, bagian Use as pilih swap-area lalu OK.

cara install linux ubuntu

Klik lagi partisi Free space dan klik tanda tambah, sizenya biarkan saja jangan di ubah karena itu adalah size sisa. Use as pilih Ext4, Mount point pilih root dengan tanda / seperti pada gambar diatas, lalu OK.

cara install linux ubuntu


10. Pada bagian Device for boot loader installation, pilih lokasi partisi /boot yang telah dibuat tadi. Pada kasus diatas letak partisi boot adalah di /dev/sda5.

cara install linux ubuntu

11. Klik Intsall Now, bila ada notifikasi muncul klik Continue.

cara install linux ubuntu

12. Pilih lokasi dan zona waktu sesuai lokasi kamu, klik continue.

cara install linux ubuntu

13. Isikan Username dan Password untuk login, lalu klik continue.

cara install linux ubuntu

14. Tunggu proses installasi sampai selesai.

cara install linux ubuntu

15. Jika proses installasi selesai, kamu akan diminta untuk merestart laptop, silahkan di restart dan cabut flashdisk installasi dari laptop kamu.

cara install linux ubuntu

Selamat!!, kini Linux ubuntu sudah terinstall di laptop kamu dengan mode dual boot dengan windows. Silahkan melakukan percobaan dan eksperimen menggunakan linux untuk mendapatkan pengalaman baru.

Baca juga: Cara Install Windows Ke Dalam Flashdisk Atau Harddisk Eksternal

Oke cukup sekian tutorial pada kesempatan kali, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Install Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel