3 Perkara Yang Tidak Akan Putus Amalannya Setelah Meninggal

Perkara yang tidak akan putus amalannya

Kita diciptakan oleh oleh Allah SWT semata-mata untuk beribadah kepadanya. Dalam hal ibadah ini selain ibadah pokok seperti shalat, puasa, dan zakat banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk beribadah kepada Allah seperti sedekah dan berbuat baik kepada orang lain.

Ibadah yang kita lakukan harus berdasarkan mengharap ridho Allah SWT karena sebagai bekal kita kelak menuju kehidupan akhirat.

Semua yang bernyawa pasti akan menemui kematian, sudahkah kita mempersiapkan bekal ? Setelah ajal tiba semua pintu amal tertutup kecuali 3 hal yang amalnya tidak akan terputus.

Nabi Saw bersabda:

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do'a anak yang Sholeh". (HR. Muslim no. 1631)

Maksud dari hadis diatas adalah

1. Sedekah jariyah

Jika manusia telah mati, maka semua alam perbuatannya akan terputus dan tidak bisa lagi melakukan amal kebaikan terkecuali sedekah jariyah. Untuk itu hendaknya sebagai seorang muslim kita perlu memperbanyak sedekah jariyah selama kita masih diberikan umur oleh Allah SWT.

2. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang kita dapat hendaknya kita salurkan dan amalkan kepada orang lain. Berbagi ilmu adalah hal yang sangat membantu kita memperoleh amalan. Setelah meninggal dan ilmu yang semasa dulu kita ajarkan terus dipakai dan diajarkan kembali maka amalan tersebut pahalanya akan terus mengalir.

3. Anak yang Sholeh

Anak yang Sholeh merupakan aset berharga bagi orang tua yang kelak akan mendoakan kedua orang tuanya. Untuk itu sebagai orang tua hendaknya haruslah untuk memperhatikan pendidikan anak-anak sejak dini, mengajarkan ilmu agama, dan mengajarkan atau memberikan contoh akhlak yang baik pada anak-anak.

Itulah tiga perkara yang tidak akan putus amalannya walaupun sudah meninggal dunia. Untuk itu marilah dari sekarang kita bangun aset amal-amalan yang sekiranya dapat membantu meringankan beban kita saat menghadapi kematian.

Belum ada Komentar untuk "3 Perkara Yang Tidak Akan Putus Amalannya Setelah Meninggal "

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel