Cara Asik Belajar Bahasa Inggris Agar Tidak Membosankan

Belajar bahasa inggris saat ini memang sangat penting bagi kita generasi milenial karena kemajuan teknologi yang semakin pesat, bahasa inggris tentu sangat diperlukan di berbagai bidang diantaranya industri, bisnis, dan juga berbagai bidang lainnya.

Selain itu mempelajari dan menguasai bahasa inggris terutama bagi seorang pelajar bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Untuk itulah alasan mengapa bahasa inggris itu sangat penting di pelajari, karena kalau kita sudah menguasai bahasa inggris mau pergi kemanapun bisa karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional.

Pada dasarnya belajar bahasa inggris itu tidaklah sesulit yang kamu bayangkan, hanya saja kemauan belajar kita saja yang kurang sehingga kita merasa bahwa belajar bahasa inggris itu sulit. Nah untuk itu mari kita tanamkan tekad dan kemauan yang kuat untuk belajar bahasa inggris.

Dan yang paling penting adalah belajar bahasa inggris itu asik dan menyenangkan, ada berbagai macam media yang dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa inggris secara asik dan menyenangkan sehingga kamu tidak mudah bosan untuk belajar bahasa inggris. Apa saja itu, mari kita simak beberapa media berikut ini.

Cara asik belajar bahasa inggris


cara asik belajar bahasa inggris

1. Melalui lagu barat


Menikmati lagu merupakan sesuatu yang menyenangkan, nah media mendengarkan lagu bisa juga kita gunakan untuk belajar bahasa inggris yakni dengan sering mendengarkan lagu barat, maka itu akan memperkaya kosa kata kamu dalam belajar bahasa inggris. Selain itu kamu juga bisa mencari setiap terjemahan kata yang diucapkan dalam lagu tersebut sehingga kamu bisa mengetahui arti dari lagu yang dinyanyikan tersebut dan kamu bisa menghayati lagu tersebut.

Bila kamu sudah tau maksud lagu tersebut maka menyanyikannya pun akan terasa menyenangkan. Disamping itu belajar melalui media musik juga dapat membantu kamu untuk mempelajari cara pengucapan setiap kata yang dinyanyikan dengan meniru lagu tersebut sehingga kemampuan berbicara kamu dalam bahasa inggris bisa terasah.

2. Melalui film berbahasa inggris


Media selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa inggris dengan asik dan menyenangkan adalah melalui film yang berbahasa inggris. Saat ini banyak sekali film-film barat keluaran terbaru dan seru yang bisa kamu tonton sambil mempelajari bahasa inggrisnya. Kamu tak perlu ke bioskop untuk menonton, cukup sediakan data saja kamu sudah bisa mendownload ratusan film.

Nah, dalam belajar bahasa inggris lewat film, usahakan untuk tidak menyertakan subtitle supaya kamu benar benar fokus untuk memperhatikan kata kata yang diucapkan dan bagaimana pengucapannya. Di dalam film yang kamu tonton tentu ada banyak kosa kata baru yang kamu temui. Kamu bisa catat kosa kata yang tidak dimengerti dan mencari terjemahannya sehingga jika kamu sudah terbiasa menonton film tanpa subtitle maka secara tidak sadar kemampuan bahasa inggrismu akan meningkat.

3. Dengan bermain game


Biasanya orang berpikir bahwa bermain game merupakan kegiatan yang sifatnya negatif dan membuang-buang waktu. Tapi kamu jangan salah, bermain game juga merupakan salah satu cara asik belajar bahasa inggris lho. Biasanya game-game saat ini sudah menggunakan bahasa inggris semisal game petualangan dan lain sebagainya.

Di dalam game tersebut secara tidak sadar kamu akan mudah mengerti kata-kata yang sering muncul misalnya  kata pause, play, congratulation dan masih banyak lagi. Khususnya game yang bergenre petualangan biasanya banyak kosa kata yang digunakan. Nah, selain bermain asik kamu juga bisa belajar bahasa inggris melalui media ini, jadi manfaatkanlah media game ini sebaik baiknya untuk mengasah kemampuan bahasa inggris kamu.

4. Berbicara langsung dengan bule


Cara yang satu ini merupakan cara yang menyenangkan sekaligus menantang bagi kamu, ya berbicara langsung dengan bule yang asli bahasanya adalah english. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat wisata seperti pantai, disana kamu akan menemukan banyak bule berkeliaran. Nah kamu bisa mengajak salah satunya untuk berbicara denganmu. Yang harus kamu lakukan disini adalah membuang urat malu dan persiapkan mental dengan baik karena kamu akan terjun langsung dengan ahlinya.

Namun sebelum itu, sebaiknya kamu sudah menulis dan mempersiapkan berbagai pertanyaan yang akan kamu ajukan ke bule tersebut. Disinilah otak kita akan main dan berusaha keras mencari kosa kata, adrenalin kerseruan bercampur aduk dengan perasaan menyenangkan deh pokoknya. Silahkan kamu coba sensasi berbicara langsung dengan bule.

5. Belajar lewat internet


Jika kamu bosan belajar lewat buku dan ingin mencari referensi lebih, maka kamu dapat belajar lewat media internet. Banyak sekali situs-situs yang menyediakan belajar bahasa inggris yang dikemas secara asik dan menyenangkan buat kamu. Selain itu, kamu juga dapat belajar di youtube sehingga kamu tidak bosan membaca. Belajar lewat media internet akan semakin menambah wawasan kamu dalam bahasa inggris karena kamu bisa mencari materi apa saja yang kamu inginkan.

Baca juga: Tips Mengatasi Rasa Malas Ke Kampus

Nah itulah cara asik belajar bahasa inggris agar tidak membosankan, silahkan kamu coba cara-cara tersebut sehingga mempermudah kamu dalam proses belajar bahasa inggris dengan menyenangkan. Oke cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Asik Belajar Bahasa Inggris Agar Tidak Membosankan"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel