Begini Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Salah Pilih!

Memilih jurusan kuliah sama halnya seperti Anda merencanakan bagaimana hidup Anda ke depan. Maka dari itu, pastikan Anda tidak salah pilih karena ini bukanlah hal sederhana yang bisa diubah kapanpun Anda mau. Anda harus berpikir matang sebelum mengambil keputusan jurusan apa yang akan dipilih. Karenanya, Anda perlu mengetahuiapa saja tips memilih jurusan kuliah supaya tidak salah memilih.

Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat


tips memilih jurusan kuliah

Supaya tidak salah melangkah, ada baiknya Anda mempertimbangkan tips cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi yang menjamin masa depan.

1. Sesuaikan dengan bakat dan minat


Hanya diri Anda yang mengenal betul bagaimana diri Anda, termasuk di bidang apa yang Anda sukai dan kuasai. Jika bingung, Anda bisa mencari tahu dari kegiatan apa yang ketika melakukannya Anda merasa nyaman dan enjoy. Biasanya bakat dan minat tidak jauh dari hobi.Jadi, jika selama ini hobi Anda adalah menulis, maka tidak ada salahnya memilih jurusan sastra.Jika Anda senang sekali menggambar tokoh anime, dan sebagainya, maka bisa jadi jurusan seni adalah pilihan yang tepat untuk Anda.Atau mungkin Anda tidak suka pelajaran matematika?Bisa saja Anda memilih jurusan kuliah yang tidak banyak hitungan.

2. Pertimbangkan kebutuhan kerja


Tidak ada salahnya, Anda juga mempertimbangkan kebutuhan kerja yang ada sebelum memilih jurusan kuliah.Hal ini supaya setelah lulus kuliah nanti, Anda sudah memiliki gambaran akan bekerja dimana dan di bidang apa. Misalnya saja, jurusan yang memiliki peluang banyak adalah teknik, maka Anda bisa mempertimbangkan jurusan teknik sebagai jurusan yang akan Anda pilih.

3. Konsultasikan dengan orang terdekat


Jika Anda benar-benar bingung tentang jurusan apa yang akan dipilih, Anda bisa mengkonsultasikan dengan orangtua atau saudara yang sudah memiliki pengalaman kuliah lebih dahulu. Mintalah saran dan penilaian mereka atas diri Anda.Atau, bisa juga mengkonsultasikannya dengan guru di sekolah yang sudah pasti tahu dimana kemampuan Anda selama duduk di bangku sekolah.

Baca juga: Tips Mengatasi Rasa Malas Untuk Ke Kampus

Usahakan jurusan yang Anda pilih benar-benar murni dari dalam hati Anda. Jangan sekedarmeniru teman, mengikuti trend, atau karena paksaan orangtua, karena Anda sendiri yang akan menjalani proses selama kuliah. Jadi, percayalah pada kemauan dan kemampuan diri Anda sendiri. Semoga tips memilih jurusan kuliah di atas bermanfaat, ya!

1 Komentar untuk "Begini Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Salah Pilih!"

  1. iya nih gan, banyak yg lulus SMA asal tes aj, alhasil waktu kuliah mulai merasakan kalau salah jurusan, untung udah ane pertimbangkan sbelum2nya jadi skrang ada di jurusan yang benar, hehe..

    Mantap nih tipsnya, bisa jadi referensi buat adik2 yang masih SMA :)

    BalasHapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel