Cara menggunakan rufus untuk membuat flashdisk jadi bootable windows

Pada kesempatan kali ini agan sufyan agan mengulas sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bootable windows secara mudah dan praktis Pada zaman modern sekarang ini, zamannya sudah serba mudah termasuk dalam hal instalasi windows. Biasanya untuk menginstall windows kita perlu dvd agar proses instalasi bisa dilakukan, namun sekarang cara tersebut sudah jarang dilakukan dan bergeser menggunakan flashdisk.

Karena sekarang sudah jarang laptop yang mempunyai dvd untuk melakukan instalasi, sekarang sudah zamannya notebook yang tidak mempunyai dvd. Untuk itu proses instalasi menggunakan dvd sudah jarang kita temukan. Proses instalasi sekarang sangat mudah kita lakukan dengan bantuan flashdisk dan bahkan bisa dibilang sangat simpel dan praktis.

rufus

Untuk membuat bootable windows pada flashdisk tidaklah sulit, kita hanya membutuhkan sebuah aplikasi yang berukuran sangat kecil namun mempunyai kemampuan yang hebat. Aplikasi tersebut bernama rufus. Rufus adalah sebuah aplikasi yang membantu memformat dan membuat perangkat USB agan menjadi bootable seperti flashdisk dan lain sebagainya. Rufus memiliki ukuran hanya 800kb, namun jangan dianggap remeh karena rufus ini walaupun berukuran kecil tapi dapat menjalankan tugas yang besar yakni dapat membuat flashdisk agan menjadi bootable untuk instalasi windows.

Selain itu rufus juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat lengkap, salah satunya yaitu adanya fitur GPT dan MBR dimana kedua fitur ini sangat berguna saat melakukan proses instalasi, yakni untuk mengetahui apakah sistem harddsik menggunakan GPT atau MBR jadi agan bisa bebas memilih kedua sistem tersebut sesuai dengan harddisk agan sehingga akan aman-aman saja dalam proses instalasi windows.

Lihat Juga: Cara mengatasi Windows cannot be installed to this disk, the selected disk is of the GPT partition style

Baiklah bagi agan yang penasaran cara menggunakan rufus, silahkan simak baik-baik tutorial berikut ini untuk membuat flashdisk agan jadi bootable windows.
 

1. Download aplikasinya

Untuk menggunakan rufus tentu agan harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Dimana saya bisa mendapatkan aplikasinya ? yak langsung saja agan download pada link berikut ini > download rufus. Setelah agan download kemudian simpan ditempat yang aman, asal jangan di flashdisk ya.

*Sebelum membuka aplikasi silahkan tancapkan dulu flashdisk agan ke laptop/pc

2. Buka aplikasinya

Selanjutnya agan buka aplikasi rufus yang telah agan download sebelumnya, tenang aplikasinya nggak perlu di install karena aplikasi rufus ini bersifat portable jadi bisa langsung agan gunakan. Klik saja aplikasinya 2x maka akan langsung terbuka.

3. Lakukan pengaturan

Setelah agan membuka aplikasi rufus maka agan akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini.

cara menggunakan rufus





Lihat settingan di atas, pilih 2 passes, untuk type windowsnya silahkan agan pilih ISO image karena windows yang akan kita gunakan mempunyai format .iso, Silahkan centang quick format, create a bootable disk using, create extended label and icon files.

Setelah itu agan klik logo dvd yang ada di sebelah kanan ISO image seperti pada gambar dibawah ini.

cara menggunakan rufus




Setelah agan klik icon dvd tersebut maka akan muncul jendela baru, nah disana agan bisa memilih windows yang mau di install dan dijadikan bootable pada flashdisk, Pada gambar diatas saya memilih windows 10 yang teletak di software > OS. Jika sudah memilih silahkan klik OPEN atau agan juga bisa klik 2 kali pada windows yang dipilih.

Kemudian rufus akan meload windows yang sudah agan pilih.

cara menggunakan rufus




Nah, jika sudah maka akan tampak seperti gambar diatas, untuk memulai melakukan proses pembuatan bootable silahkan agan klik start dan prosesnya sudah dimulai.

Silahkan agan tunggu sekitar 10-15 menit sampai bootable windows pada flashdisk agan siap digunakan.

Lihat juga: Cara mengatasi "is too large for the destination file system" saat mengcopy file 

Demikianlah cara menggunakan rufus untuk install windows pada komputer. Bagaimana sangat mudah bukan ? oke semoga panduan diatas dapat mempermudah agan dalam menggunakan rufus dan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat agan, silahkan share juga artikel ini ke teman-teman yang lain supaya kita bisa belajar bersama, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara menggunakan rufus untuk membuat flashdisk jadi bootable windows"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel