Cara menghemat kuota internet pada smartphone android

Cara menghemat kuota internet, pada zaman sekarang ini internet sudah tidak bisa dipisahkan lagi bagi pengguna ponsel pintar android. Bisa kita sebut zaman sekarang adalah zamannya digital dimana hampir semua kebutuhan bisa kita akses melalui internet. Internet memang memegang peranan yang sangat penting pada zaman ini. Tanpa adanya koneksi internet mungkin agan akan kehilangan mod karena agan tidak bisa mengakses informasi, sosial media, dan lain sebagainya.

menghemat kuota

Untuk mengakses internet kita membutuhkan yang namanya kuota dan kita bisa membeli kuota pada setiap provider yang kita gunakan. Akan tetapi kuota itu tidak selamanya bisa kita gunakan untuk mengakses internet, ada batasan-batasan yang diberikan oleh operator sehingga kita tidak bisa bebas untuk berselancar di internet, contohnya saja kita tidak bisa lama membuka youtube kecuali kuota agan sangat banyak, namun bila sedikit maka akan cepat habis bila digunakan untuk mengakses youtube dan melakukan download. Terlebih juga jika agan pengguna android yang mana kita tau ponsel pintar ini dapat menghabiskan kuota kita secara perlahan tanpa kita sadari.

Baca juga: Cara menggunakan http injector untuk internet gratis di android

Kita tau bahwa saat ini kuota sangat mahal sekali bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, semakin lama paket internet semakin mahal saja dan ini pun berlaku untuk semua operator. Harga dari paket internet tidak sebanding dengan kuota yang kita dapat, namun apa boleh buat kita hanya bisa menerima saja. Namun agan tidak usah khawatir jika agan akan cepat kehabisan kuota dalam menggunakan internet. Para pengguna android memiliki ide untuk menangani cepatnya kuota habis pada saat digunakan di ponsel android, penasaran ? berikut cara menghemat kuoat internet pada android.

Cara hemat kuota android


1. Matikan layanan google maps (GPS)


Google maps merupakan salah satu aplikasi permanen di android yang bisa kita gunakan untuk menentukan letak dan petunjuk arah, biasa kita sebut juga dengan layanan gps. Agar layanan yang satu ini bisa berjalan membutuhkan koneksi internet, nah jika layanan gps pada android agan dalam keadaan menyela, maka tanpa kita sadari layanan ini sedang memakan kuota secara diam-diam walaupun jumlahnya tidak besar, namun jika dibiarkan lama-kelamaan maka akan cepat menguras kuota agan. Jadi sebaiknya gunakan saja layanan gps ini seperlunya saja atau pada saat dibutuhkan. Untuk mematikannya agan cukup menggeser layar android agan dari atas ke bawah (top bar) lalu klik ikon gps sampai ikonnya mati (tidak menyala).

2. Gunakan browser yang efisien/ringan


Android memiliki banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bertebaran di paystore, salah satunya yaitu browser dan browser ini banyak sekali macamnya yang dapat agan pilih untuk mengakses internet. Namun diantara banyak browser tersebut ada beberapa browser yang sangat ringan dan cepat serta tidak banyak menguras data ketika agan sedang mengakses internet. Beberapa browser yang direkomendasikan yaitu opera mini dan uc browser, kedua browser ini sangat ringan.

Namun selain itu, alternatif lain yang bisa agan gunakan adalah google chrome, memang dulu google chrome menguras banyak data saat digunakan, namun seiring perkembangannya, kini google chrome udah memiliki fitur hemat data yang dapat menjaga kuota agan agar tidak terkuras habis. Cara mengaktifkan fitur hemat data pada google chrome adalah dengan mengklik ikon titik 3 dipojok kanan atas > Setelan > penghemat data > lalu aktifkan.

3. Hentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang


Android rasanya tidak lengkap dengan aplikasi sosial media, ya setiap ponsel android pasti memiliki aplikasi ini, namun perlu agan ketahui bahwa jika agan memiliki aplikasi sosmed seperti facebook, twitter, whatsapp dan aplikasi lainnya yang sedang berjalan secara bersama di latar belakang, maka aplikasi tersebut dapat menguras kuota agan, contohnya saja facebook, walaupun agan tidak memakainya namun facebook akan terus melakukan update dan pemberitahuan bila masih berjalan di latar belakang. Begitu pula dengan aplikasi online lainnya yang akan bersama menguras data akan walaupun hanya sedikit tapi itu sangat berpengaruh besar terhadap jumlah kuota, karena kuota sangat penting. Cara menghentikannya adalah silahkan masuk ke setting > manajer aplikasi > sedang berjalan > pilih aplikasi yang ingin dihentikan.

4. Matikan update otomatis google playstore


Playstore merupakan market tempat mengunduh semua aplikasi android yang kita butuhkan. Setiap aplikasi yang telah terpasang pada android kita tentu akan melakukan update, entah itu tiap minggu atau tiap bulan. Biasanya kalau tidak mematikan fitur update otomatis maka jika tiba saatnya aplikasi yang terpasang di hp kita update, maka otomatis android kita akan mengupdate aplikasi tersebut tanpa kita sadari, nah hal ini tentu dapat menguras kuota agan, apalagi jika aplikasi yang di update tersebut ber size besar. Untuk itu agan perlu mematikan update otomatis pada palystore dengan cara masuk ke playsotre > klik ikon garis 3 di pojok kiri atas > setelan > update aplikasi secara otomatis > kemudian pilih > jangan update aplikasi secara otomatis. Nah, dengan begitu agan bisa mengatur sendiri update aplikasi pada hp android agan.

5. Batasi penggunaan data


Dengan membatasi penggunaan data maka kita bisa mengetahui sejauh mana dan berapa banyak data yang telah kita habiskan dan ingin kita gunakan. Dengan memanfaatkan opsi data usage yang ada pada ponsel android, maka agan dapat membatasi penggunaan data yang agan gunakan sehingga agan tau kapan akan berhenti menggunakan data tersebut. Cara mengaturnya adalah masuk ke setting > penggunaan data/data usage > tinggal agan atur berapa besar data yang akan agan gunakan dan jika telah mencapai batas maksimal penggunaan, maka akan ada peringatan melebihi batas jumlah data yang telah agan atur pada data usage.

6. Matikan sinkronisasi bila tidak diperlukan


Hal lain yang juga membuat boros kuota adalah sinkronisasi yang hidup terus menerus, hal ini tentu membutuhkan data yang ada pada selular agan untuk terus melakukan update jika ada suatu data yang masuk ke aplikasi agan, misalnya saja sinkronisasi akun google, maka jika ada pemberitauan yang masuk otomatis akan menggunakan data bahkan setiap saat akan menggunakan data tapi dalam jumlah yang sangat kecil, untuk itu jika agan mempunyai beberapa aplikasi namun tidak dibutuhkan dalam waktu yang lama maka sebaiknya agan mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi/akun tersebut, dengan cara masuk ke setting > akun > pilih akun dan klik > matikan sinkronisasi. Atau dengan mematikannya melalui top bar, silahkan geser layar hp agan dari atas ke bawah > kemudian matikan logo sinkron.

7. Jangan sering menyalakan hotspot untuk tethering


Pada umumnya user android sering menggunakan hpnya untuk dijadikan sebagai modem dan menghubungkannya ke pc/laptop, namun jika keseringan dan kelamaan maka kuota akan cepat habis, karena di pc membutuhkan data yang besar untuk mengakses internet dibandingkan dengan android.

Selain itu penggunaan hotspot untuk teman-teman sekitar juga dapat menguras banyak data hehe, jadi jangan keseringan kecuali bila agan sangat baik dan punya banyak kuota nggak apa-apa berbagi koneksi dengan teman. Jadi intinya gunakan hotspot android seperlunya saja.

8. Hematlah kuota dengan menggunakan wifi


Nah, sekali-kali gunakanlah wifi untuk mengakses internet pada android agan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian kuota agar tidak cepat habis dan bisa awet. Jika agan sudah terhubung ke wifi bisanya agan sudah bisa bebas menggunakan internet sepuasnya, mau nonton youtube dan download aplikasi pun tak masalah. Untuk menggunakan fasilitas wifi, agan bisa terhubung ke jaringan wifi terdekat di sekitar agan seperti sekolah, wifi tetangga, widi.id area, warnet, atau agan dapat datang langsung ke pusat telkom untuk menikmati layanan wifi gratis

Baca juga: Cara ampuh mengatasi android yang lemot dalam waktu 5 menit

Demikianlah ulasan mengenai cara menghemat kuota internet pada smartphone android, silahkan agan terapkan cara-cara diatas agar kuota agan tidak cepat habis dan bisa digunakan sampai batas masa aktifnya habis. Oke, cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat buat agan.

5 Komentar untuk "Cara menghemat kuota internet pada smartphone android"

  1. Saya swring hemat kuota dengan wifi, kalau di kantor. Hehehe

    BalasHapus
  2. Nah yg masih sering susah matiin hotspot hehehe 😂😂

    BalasHapus
  3. seringnya tdk memperhatikan latar belakang itupun kalo engeh langsung deh gerak cepat, ternyata ada pengaruh rpnya tdhp kuota yah gan.

    BalasHapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel