Top 10 tips dan trik menggunakan internet

10 Tips dan trik internet - Internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan banyak komputer serta pengguna di seluruh dunia. Dengan internet kita bisa mencari dan mendapatkan berbagai informasi, selain itu kita juga bisa membuat sumber informasi, salah satunya lewat website. Namun, perlu diketahui juga dalam menggunakan internet setiap orang tentu berbeda cara, ada yang awam dan ada juga yang pro dalam menggunakan internet. Di bawah ini kami telah menyediakan 10 tips dan trik terbaik untuk memanfaatkan Internet dan browser Internet.
 
tips dan trik internet
 

Tips dan trik menggunakan internet

 
Manfaatkan tabbed browsing
 
Manfaatkan sepenuhnya penjelajahan tab di semua browser Internet. Saat membaca artikel atau menjelajah situs web, Agan mungkin menemukan tautan yang menarik minat Agan. Setiap link ke halaman lain bisa dibuka di tab baru sehingga tidak mengganggu agan saat membaca. Untuk melakukan tindakan ini, klik kanan pada pada mouse dan pilih open in new tab.
 
Tip: Untuk membuka tab baru, tekan Ctrl + T pada saat bersamaan.
 
Agan tidak memerlukan bagian http: // dari sebuah halaman web
 
Saat memasukkan alamat Internet , Agan tidak perlu mengetik http: // atau bahkan www di alamat. Misalnya, jika Agan ingin mengunjungi agan sufyan blog, Agan bisa mengetikkan agansufyan.com dan tekan Enter. Untuk membuat segalanya lebih cepat lagi, jika Agan mengunjungi alamat .com, Agan dapat mengetikkan misalnya agansufyan dan kemudian menekan Ctrl + Enter untuk mengetikkan alamat maka otomatis akan tertulis .com dan langsung menuju ke halaman blog ini.
 
Dengan cepat bergerak di antara bidang halaman web
 
Jika Agan mengisi formulir online, e-mail, atau bidang teks lainnya, Agan dapat dengan cepat berpindah di antara masing-masing bidang dengan menekan tombol Tab atau Shift + Tab untuk memindahkan sebuah bidang. Misalnya, agan sedang mendaftar facebook Agan bisa klik di kolom "First Name" ketik apapun dan tekan tab untuk beralih ke kolom berikutnya.
 
Tip: Dengan kotak drop-down yang berisi daftar lusinan pilihan, Agan dapat menekan huruf pertama untuk menggulir ke bawah ke huruf itu. Sebagai contoh, terdapat menu dropdown yang berisi nama pekerjaan, agan ingin mencari edukasi, cukup tekan huruf awalnya saja yaitu huruf e, maka akan muncul edukasi.
 
Tip Bonus: Agan juga dapat menggunakan fitur isi otomatis untuk mengisi kolom formulir umum.
 
Ketahui cara pintas browser Internet Agan
 
Pada browser internet Ada puluhan tombol pintas yang berbeda yang bisa digunakan dengan browser internet. Berikut adalah beberapa pintasan browser Internet kami yang disarankan.
 
  • Tekan Alt + D atau Ctrl + L untuk memindahkan kursor ke bilah alamat .
  • Tahan tombol Ctrl dan tekan tombol + atau - untuk menambah dan mengurangi ukuran teks. Ctrl + 0 akan mengatur ulang teks.
  • Tekan tombol backspace atau tekan tombol Alt + panah kiri untuk kembali ke halaman.
  •  Tekan F5 atau Ctrl + R untuk me-refresh atau memuat ulang halaman web.
  • Tekan F11 untuk membuat layar browser Internet layar penuh. Tekan F11 lagi untuk kembali ke tampilan normal.
  • Tekan Ctrl + B untuk membuka bookmark Internet Agan.
  • Tekan Ctrl + F untuk membuka kotak pencarian untuk mencari teks di dalam halaman web yang sedang Agan baca.
 
Lindungi diri Agan dan hindari situs web yang buruk
 
Harap bijak dalam menggunakan internet, lindungi diri agan dari hal-hal yang bersifat buruk, waspada terhadap sebuah website yang mencurigakan dan jangan sembarang mengisi data pada web yang kelihatan mencurigakan, barangkali itu adalah web phising.

 
Gunakan mesin pencari Internet terbaik
 
Maksimalkan hasil pencarian. Gunakanlah mesin pencari internet terbaik menurut agan untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Saat ini mesin pencari terbaik adalah google dan bing. Agan bisa menggunakan salah satu atau keduanya untuk mendapatkan informasi yang agan inginkan.
 
Tip: Di setiap kotak pencarian Agan bisa menekan enter daripada menggunakan mouse untuk mengklik tombol Cari.
 
Coba alternatif browser 
 
Sebagian besar pengguna komputer menggunakan browser default yang di sediakan oleh komputer, salah satunya pada Microsoft Windows adalah Internet Explorer. Ada banyak alternatif browser yang bagus yang semuanya bisa diunduh dan digunakan secara gratis dan mungkin memiliki fitur yang tidak disertakan pada browser Agan saat ini. Berikut adalah beberapa favorit kami, coba salah satu atau coba semuanya.
  •     Google Chrome
  •     Mozilla Firefox
  •     Opera
Instal plugin dan add-on
 
Semua browser alternatif di atas juga memiliki komunitas yang besar yang mengembangkan add-on dan plugin yang bisa ditambahkan ke dalam browser. Masing-masing browser ini memiliki ratusan add-on yang dapat melakukan hal-hal seperti ramalan cuaca saat ini di jendela browser Agan, mengubah warnanya, dan menambahkan fungsionalitas tambahan. 
 
Pastikan browser dan plugin-pluginnya selalu up-to-date
 
Browser internet bisa memiliki banyak plugin yang memberikan fungsionalitas tambahan. Misalnya, Adobe Flash adalah cara terbaik untuk menghadirkan film dan konten animasi lainnya ke Internet. Menjaga plugin ini tetap up-to-date sangat penting untuk stabilitas komputer dan juga keamanan. Dengan selalu mengecek plugin pada browser, Agan dapat dengan cepat memverifikasi apakah plugin Agan sudah terbaru dan mendapatkan tautan untuk mendownload pembaruan terbaru pada plugin.
 
Gunakan layanan online
 
Ada ratusan layanan online gratis yang dapat membantu mempermudah penggunaan komputer Agan, lebih produktif, dan lebih menyenangkan. Misalnya layanan email, microsoft online, dan lain sebagainya yang bisa agan manfaatkan.

Demikianlah 10 tips dan trik internet, semoga dapat menambah wawasan agan dan lebih bijak lagi dalam menggunakan internet. Semoga artikel ini bermanfaat buat agan, sekian dan terima kasih.

1 Komentar untuk "Top 10 tips dan trik menggunakan internet"

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel