Top 10 shortcut keyboard yang harus diketahui semua orang

Pintasan keyboard - Menggunakan pintasan keyboard dapat meningkatkan produktivitas Agan, mengurangi ketegangan berulang, dan membantu Agan tetap fokus. Misalnya, untuk menyalin teks, Agan dapat menyorot teks dan menekan shortcut Ctrl + C. Pintasan lebih cepat daripada menggerakkan tangan secara manual dari keyboard, menyoroti dengan mouse, memilih salinan dari menu file, dan kemudian kembali ke keyboard. Latihan kerja cepat di komputer dengan memanfaatkan pintasan saat mengetik memasang sangat seru dan menyenangkan karena pekerjaan akan lebih cepat untuk di selesaikan.

Baca juga: Top 10 tips dan trik menggunakan internet

Berikut adalah 10 pintasan keyboard teratas yang kami sarankan untuk dihafal dan digunakan oleh semua orang.

pintasan keyboard


1. Ctrl + C atau Ctrl + Insert dan Ctrl + X

Ctrl + C dan Ctrl + Insert akan menyalin teks yang disorot atau item yang dipilih. Jika Agan ingin memotong item alih-alih menyalinnya, tekan Ctrl + X. Tindakan ini menghapus teks (memindahkan item/file) atau item dan menyimpannya di clipboard, bukan hanya menyalinnya ke clipboard sembari meninggalkan yang asli. Untuk pengguna komputer Apple dapat mengganti tombol Ctrl dengan perintah (cmd) di komputer mereka. Misalnya, menekan teks Cmd + C yang disorot.

2. Ctrl + V atau Shift + Insert

Baik Ctrl + V dan Shift + Insert akan menempelkan teks atau objek yang tersimpan di clipboard .
Pada komputer Apple, gunakan Cmd + V sebagai gantinya.

Gunakan aplikasi pengolah kata seperti ms word atau notepad, kemudian tulis beberapa kalimat dan tekan Ctrl + C untuk menyalin atau Ctrl + X untuk memotong/memindahkan teksnya. Setelah agan menyalin atau memindahkan teks tersebut berikutnya tekan Ctrl + V atau Shift + Insert untuk menempelkan teks.

3. Ctrl + Z dan Ctrl + Y

Menekan Ctrl + Z akan membatalkan perubahan. Misalnya, jika Agan memotong teks, menekan kombinasi tombol ini akan membatalkan pemotongan. Cara pintas ini juga dapat ditekan berkali-kali untuk membatalkan atau mengulang beberapa perubahan. Menekan Ctrl + Y akan mengulang undo atau mengembalikan sebuah teks atau keadaan seperti semula. Pada komputer Apple, gunakan Cmd + Z dan Cmd + Y untuk membatalkan dan mengulang. Gunakan aplikasi pengolah kata untuk menyorot beberapa atau semua teks dan kemudian tekan Ctrl + X untuk memotong teks. Setelah teks hilang maka tekan Ctrl + Z untuk membatalkan cut.

Tip: Jika Agan melakukan percobaan (memotong dan menempelkan teks) dan Agan menekan Ctrl + Z, ini juga akan membatalkan perubahan tersebut.

4. Ctrl + F

Menekan Ctrl + F akan membuka kolom Find , yang memungkinkan Agan mencari teks yang saat ini ditampilkan dalam program yang ditampilkan. Misalnya, Ctrl + F dapat digunakan di browser Internet Agan untuk menemukan teks pada halaman ini. Tekan Ctrl + F sekarang untuk membuka Find di browser Agan dan cari kata "shortcut" untuk menampilkan setiap shortcut yang disebutkan di halaman ini.
Di komputer Apple, gunakan Cmd + F untuk menemukan kata.

5. Alt + Tab atau Ctrl + Tab

Menekan tombol Alt + Tab di antara program terbuka akan memunculkan jendela pintasan untuk berpindah dari program yang satu ke program yang lainnya. Misalnya, jika jendela browser Agan terbuka dan program lain berjalan di latar belakang tekan dan tahan Alt dan kemudian tekan tombol tab untuk melakukan siklus setiap program yang terbuka. Pada komputer Apple daripada menggunakan tombol Alt gunakan tombol Command (Cmd). Sebagai contoh, Cmd + Tab untuk beralih di antara program yang terbuka.

Tip Bonus: Tekan Ctrl + Tab untuk beralih di antara tab dalam sebuah program. Misalnya, jika Agan memiliki banyak tab di browser Internet Agan, tekan Ctrl + Tab untuk beralih di antara keduanya.

Tip Bonus: Menambahkan tombol Shift ke Alt + Tab atau Ctrl + Tab bergerak mundur. Misalnya, jika Agan menekan Alt + Tab dan meneruskan program yang ingin Agan gunakan, tekan Alt + Shift + Tab untuk kembali ke program itu.

Tip Bonus: Pengguna Windows Vista, 7, 8, dan 10 juga dapat menekan tombol Windows Key + Tab untuk beralih melalui program terbuka dalam layar penuh.

6. Ctrl + Backspace dan Ctrl + panah Kiri atau Kanan

Catatan: Pintasan berikut hanya untuk pengguna PC dan tidak bekerja pada komputer Apple.

Menekan Ctrl + Backspace akan menghapus kata dalam satu kata sekaligus tanpa karakter tunggal.
Menekan tombol Ctrl sambil menekan panah kiri atau kanan akan memindahkan kursor satu kata sekaligus, bukan satu karakter dalam satu waktu. Jika Agan ingin menyorot satu kata sekaligus, tahan tombol Ctrl + Shift , lalu tekan tombol panah kiri atau kanan . Pilihan yang disorot akan memindahkan satu kata sekaligus ke arah itu.

7. Ctrl + S 

Saat mengerjakan dokumen atau file lainnya di hampir setiap program, menekan Ctrl + S untuk menyimpan file tersebut. Gunakan tombol pintas ini sering kali jika Agan mengerjakan sesuatu yang penting jika terjadi kesalahan, Agan menjadi tidak khawatir lagi. Di komputer Apple, gunakan Cmd + S untuk menyimpan file.

8. Ctrl + Home atau Ctrl + End

Ctrl + Home akan memindahkan kursor ke awal dokumen, dan Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir dokumen. Cara pintas ini bekerja dengan sebagian besar dokumen, serta halaman web.
Pada komputer Apple gunakan Command and Cmd dan panah atas untuk membuka awal dokumen atau teks atau cmd dan panah bawah untuk sampai ke akhir dokumen atau teks.

9. Ctrl + P

Ctrl + P digunakan untuk membuka pratinjau cetak dari halaman atau dokumen yang sedang dilihat. Misalnya, tekan Ctrl + P sekarang untuk melihat pratinjau cetak halaman ini. Pada komputer Apple gunakan Cmd + P untuk membuka pratinjau cetak.

Halaman Atas, Spasi, dan Turun

Seperti yang telah Agan duga, menekan tombol halaman atas atau bawah halaman akan berpindah ke halaman berikutnya atau sebelumnya. Saat menjelajah Internet, menekan spacebar akan menggeser scrollbar ke bawah halaman. Demikian pula, Shift + spacebar memindahkan scrollbar ke atas satu halaman.

Demikianlah artikel mengenai 10 shortcut atau pintasan keyboard yang harus diketahui, semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat buat agan, sekian dan terima kasih.

6 Komentar untuk "Top 10 shortcut keyboard yang harus diketahui semua orang"

  1. Kalo CTRL + ALT + Del mas.... Hehehe. Kalo heng kompiku pasti aq pencet shortcut itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yosh itu juga jalan pintas yg bagus untuk mengatasi kompi yang tiba2 hang :D

      Hapus
  2. hampir seluruhnya diketahui dan selalu digunakan hihihi,,, semoga bermanfaat untuk yang bekerja kantoran

    BalasHapus

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel