Tips Agar Suka Membaca Buku

Bagi sebagian orang membaca merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena di iringi oleh rasa malas. Malas membaca merupakan penyakit yang harus dihindari karena malas membaca akan menghalangi otak maupun pikiran untuk menangkap berbagai pengetahuan.

Seperti halnya perut yang kalau lagi lapar mesti harus diisi dengan makanan supaya kenyang, begitu pun dengan otak, jika ingin menambah wawasan dan pengetahuan mesti diisi dengan membaca karena membaca buku merupakan salah satu gudangnya ilmu pengetahuan.

Apalagi jika anda adalah seorang penulis maka membaca merupakan makanan pokok bagi anda seorang penulis bila ingin mendapatkan ide-ide untuk dijadikan sebagai karya tulis.

tips agar suka membaca
cc pixabay: tips suka membaca
Terkadang membaca memang sangat membosankan, membuat pusing, sampai membuat kita ngantuk bila tidak terbiasa membaca. Namun bila anda sudah terbiasa membaca, menguasai tips-tips membaca maka saya yakin anda akan menjadi seorang yang rakus dalam membaca dan mencari pengetahuan lewat membaca buku maupun membaca e-book, majalah, koran, dan lain sebagainya.

Dulu saya tidak suka membaca....

Sedikit cerita dari admin nih, bahwa dulunya saya adalah seorang yang malas dalam membaca, apabila melihat buku kemudian melihat isinya yang tanpa gambar wah rasanya sangat sulit untuk membaca kalimat awalnya saja. Bahkan admin dalam membaca buku maupun ebook kurang dari 5 menit pasti bawaannya ngantuk dan kepala pusing, padahal saya ingin sekali untuk menjadi orang yang gemar membaca.

Nah, mulai dari hobi sebagai seorang blogger merupakan awal mula saya untuk mulai suka dengan buku bacaan karena jika menjadi seorang penulis maka harus banyak membaca untuk menemukan referensi dan ide-ide dalam membuat tulisan.

Baca juga: Cara Asik Belajar Bahasa Inggris Agar Tidak Membosankan

Tips agar suka membaca buku


Oke itu sedikit cerita dari saya, nah sekarang bagaimana sih tips agar kita suka membaca buku ? saya akan menjabarkan sesuai dengan pengalaman saya sampai suka membaca hingga saat ini. Silahkan anda bisa ikuti tips-tips dari saya berikut ini.

Berniat menjadi pembaca yang baik


Setiap anda ingin memulai sesuatu selalu awali dengan niat yang baik. Begitupun dengan membaca, anda harus mempunyai niat dan tekad yang kuat untuk menjadi seorang pembaca karena niat awal anda merupakan penentu sekaligus pondasi dasar bagi anda untuk memulai dan menyukai kegiatan baca-membaca. Untuk itulah pasang niat membaca anda dari awal.

Memulai untuk memaksakan diri membaca


Bagi anda yang sebelumnya tidak suka membaca dan malas membaca lalu berniat menjadi pembaca yang baik, langkah awal adalah memulai untuk membaca buku. Setidaknya bacalah 1 kalimat saja dalam buku tersebut kemudian pelan-pelan untuk melanjutkan bacaan yang satu kalimat tersebut menuju kalimat-kalimat berikutnya.

Cobalah untuk memaksakan diri anda untuk membaca, kalaupun anda belum sanggup membaca banyak, bacalah sedikit-sedikit dulu secara bertahap untuk melatih otak anda agar terbiasa dalam membaca.

Buat target dalam membaca secara bertahap


Tips selanjutnya agar suka membaca adalah dengan membuat target dalam membaca. Misalkan anda menargetkan membaca buku ini dari halaman 1-2, maka dihari berikutnya buat target yang lebih tinggi dari sebelumnya misalkan anda menargetkan membaca dari halaman 2-4 dan seterusnya supaya anda terbiasa.

Selain itu anda juga bisa buat target membaca dalam waktu sekian. Misalkan hari pertama target anda adalah membaca dalam waktu 5 menit, nah baru dihari berikutnya anda tingkatkan menjadi 6, 7, 8 menit, intinya naik secara bertahap. Hingga anda menargetkan untuk menyelesaikan bacaan satu buku dalam waktu sekian.

Baca buku yang sesuai dengan minat anda


Terkadang jika kita membaca sesuatu yang tidak sesuai dengan minat maka kita akan mudah bosan terlebih bagi anda yang baru memulai untuk membaca. Untuk itu belilah buku bacaan yang judulnya sesuai dengan minat dan bakat anda supaya keingintahuan anda semakin besar yang otomatis akan mendorong minat baca anda menjadi semakin tinggi.

Luangkan waktu istirahat untuk membaca


Jika anda mempunyai waktu luang atau waktu istirahat, jangan sia-siakan kesempatan tersebut, gunakanlah waktu-waktu tersebut untuk membaca buka 5-10 menit saja supaya anda semakin terbiasa dan otak anda semakin terasah dalam menerima tambahan pengtahuan dari membaca. Hal ini sebaiknya anda lakukan setiap mempunyai waktu luang.

Beli buku tiap pekan atau tiap bulan


Jika anda sudah terbiasa dan mulai suka untuk membaca, maka disarankan bagi anda untuk membeli buku tiap minggu, tiap bulan, atau sesuai keinginan anda yang intinya adalah agar anda tetap membaca buku tersebut. Toh kalau anda sudah beli pasti akan dibaca karena kalau tidak dibaca sia-sia uang anda tersebut. Untuk itu targetkan menyelesaikan satu buku kemudian membaca buku yang baru hitung-hitung menambah wawasan pengetahuan anda.

Tetap konsisten


Hal terakhir jika anda sudah mulai suka membaca buku adalah tetap konsisten dalam membaca karena jika kita konsisten dalam membaca maka kita tidak akan menemukan rasa malas lagi ketika ingin membaca karena diawal kita sudah suka untuk membaca.

Oke sekian tips dari saya, semoga kita menjadi pembaca yang baik demi menambah wawasan dan pengetahuan. Sekian dan terima kasih, sampai jumpa di artikel lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Suka Membaca Buku"

Posting Komentar

Bila ada pertanyaan atau masukan, silahkan tinggalkan komentar agan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel